Tutorial Mikrotik

Fungsi WinBox dan Panduan Cara Menggunakan WinBox Mikrotik

Pengertian Mikrotik Winbox adalah Aplikasi yang digunakan untuk Setting Mikrotik dengan Mudah, Berikut cara menggunakan Winbox Mikrotik

Apa itu WinBox Mikrotik? Pengertian WinBox Mikrotik

Mikrotik Winbox adalah sebuah aplikasi buatan Mikrotik yang dapat digunakan untuk melakukan akses atau remote ke perangkat Mikrotik dengan berbagai macam kemudahan, seperti menu GUI (Graphical User Interface). Dengan menu mode GUI ini Setting Mikrotik jadi lebih mudah karena tidak perlu mengetikkan perintah-perintah (command) teks Mikrotik, terlebih bagi pemula yang pasti kurang familiar dengan text command ini.

Winbox Mikrotik adalah aplikasi berbasis Windows. Jadi dapat dijalankan di semua PC/Laptop dengan sistem Operasi Microsoft Windows. Selain itu, Winbox juga dapat dijalankan pada Sistem operasi Linux dan Mac OS dengan menggunakan aplikasi tambahan Wine.

Fungsi WinBox Mikrotik

Fungsi utama winbox adalah sebagai aplikasi bantu untuk menyeting/mengkonfigurasi perangkat mikrotik dengan mudah dan cepat. Pada Aplikasi Winbox Mikrotik itu sendiri sudah dibekali beberapa fitur yang dapat kita manfaatkan untuk mempermudah setting Mikrotik :

1. Fitur Neighbor Discovery
Neighbor Discovery adalah salah satu fitur pada Winbox Mikrotik yang berfungsi untuk menemukan perangkat Mikrotik apa saja yang terhubung dengan PC/laptop Anda di Jaringan. Dengan fitur ini Winbox akan secara otomatis menampilkan data perangkat Mikrotik yang ditemukannya di jaringan. Data yang ditampilkan berupa IP Address, MAC Address, Nama Perangkat, Versi RouterOS dan Jenis Board nya.

Ini akan mempermudah kita untuk melakukan remote mikrotik, terutama jika kita tidak tau IP Address mikrotik yang mau kita remote. Disini kita dapat memilih akan me-remote Mikrotik menggunakan IP Address atau MAC Address. Jika kita belum melakukan konfigurasi IP Address baik pada mikrotik ataupun PC/Laptop (biasanya terjadi ketika baru beli perangkat Mikrotik dengan konfigurasi default) maka disaranakan untuk remote via MAC Address.

Berikut ini adalah cara penggunaan Fitur Neighbor Discovery Winbox Mikrotik untuk melakukan remote pada perangkat Mikrotik menggunakan MAC Address, seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut ini :

Penggunaan Fitur Neighbor Discovery untuk remote Winbox Mikrotik
Penggunaan Fitur Neighbor Discovery untuk remote Winbox Mikrotik

Berikut ini adalah tampilan Menu pada Winbox Mikrotik ketika kita sudah berhasil login.

Tampilan menu WinBox Mikrotik
Tampilan menu WinBox Mikrotik

Sekarang Kita bisa remote mikrotik nya untuk melakukan setting mikrotik.

2. Fitur Safe Mode
Fitur Safe Mode Winbox Mikrotik berfungsi untuk melindungi perangkat mikrotik kita dari kesalahan konfigurasi, dengan cara mengembalikan konfigurasi seperti semula ketika aplikasi winbox di close/exit. Cara kerjanya adalah dengan menekan tombol Safe Mode pada pojok kiri atas. Ketika tombol Safe Mode ini sudah aktif, maka konfigurasi yang dilakukan tidak akan tersimpan sebelum tombol Safe Mode ini di non-aktifkan.

Penjelasan Fitur Safe Mode pada Winbox Mikrotik
Fitur Safe Mode pada Winbox Mikrotik

Dengan fitur ini, kita bisa coba-coba konfig mikrotik nya. Jika dirasa konfigurasi nya sudah benar-benar sesuai, kita bisa simpan dengan me-nonaktifkan Safe Mode. Tapi jika konfigurasi nya malah jadi kacau dan kita ingin kembalikan ke semula, tinggal close/exit saja aplikasi Winbox nya. Konfigurasi yang kacau tadi tidak akan tersimpan.

3. Fitur Add/Set Managed
Add/Set Managed merupakan fitur winbox mikrotik yang berfungsi untuk menyimpan daftar perangkat-perangkat Mikrotik berupa data IP Address, Username dan Password. Sehingga jika kita punya banyak perangkat mikrotik yang perlu di kelola, kita tidak perlu repot-repot memasukkan data tiap kali mau login. Data tersebut akan disimpan di tab managed dan bisa diproteksi dengan password.

Untuk dapat menggunakan fitur Add/Set Managed ini, masuk ke mode Advanced dulu. Klik Menu Tools –> Klik Advanced Mode.

Cara Mengaktifkan Advanced Mode Winbox Mikrotik
Mengaktifkan Advanced Mode Winbox Mikrotik

Masukkan data perangkat Mikrotik nya :

Cara Menyimpan data login Mikrotik pada Winbox
Menyimpan data login Mikrotik pada Winbox

Connect To : isikan IP Address mikrotik (bisa menggunakan fitur neighbor discovery)
Login : isikan username mikrotik
Password : isikan password mikrotik

Note : isikan catatan/note mikrotik tersebut (opsional)
Group : pengelompokkan berdasarkan group

Klik Menu Add/Set untuk menyimpan.

Hasil nya bisa dilihat pada tab Managed. Dengan data ini, kita bisa langsung login ke prangkat mikrotik tersebut tanpa harus memasukkan detail login berupa IP Address, username dan password lagi. Jadi cukup dengan klik router yang diinginkan kemudian klik Connect saja.

Nah, Agar data login tersebut tidak diakses oleh orang yang tidak berkepentingan, kita bisa proteksi dengan password. Klik menu Set Master Password.

Cara Set Master Password untuk membuka data login Mikrotik di WinBox
Set Master Password untuk membuka data login Mikrotik di WinBox

Masukkan password yang diinginkan –> klik OK

Cara Menambahkan Master Password pada WinBox
Menambahkan Master Password pada WinBox

Tutup dan buka kembali Winbox nya, maka data pada managed tidak akan muncul sebelum kita memasukkan password nya.

4. Fitur Export & Import Data
Fitur ini dapat digunakan untuk meng-export dan import data pada daftar perangkat yang ada di tab managed. Tujuannya agar daftar data managed router yang sudah kita buat sebelumnya bisa disimpan di direktori/folder tertentu supaya bisa dipindahkan ke PC/laptop lain jika diperlukan. Jadi kalau kita mau bikin daftar managed router serupa pada PC/laptop lain, tidak perlu memasukkan ulang data nya. Kita tinggal export dan import data nya saja.
Untuk bisa melakukan Export & Import Data, pastikan Master Password sudah dibuka. Jika tidak, maka submenu Export dan Import pada menu Tools tidak akan aktif.
Penjelasan Kenapa Menu Export & Import pada Winbox tidak aktif
Menu Export & Import pada Winbox tidak aktif

Setelah Master Password sudah dibuka, barulah submenu Import dan Export pada Winbox Aktif dan bisa digunakan. Klik Export untuk mencoba menyimpan file konfigurasi ke direktori/folder tertentu.

Cara Mengaktifkan menu Export & Import pada Winbox Mikrotik
Menu Export & Import pada Winbox sudah aktif

Export Data

Tutorial Cara Export Data Login Winbox Mikrotik
Export Data Login Winbox Mikrotik

 Import Data

Tutorial Cara Import Data Login Winbox Mikrotik
Import Data Login Winbox Mikrotik
4. Fitur RoMON
RoMON (Router Management Overlay Network) adalah sebuah protocol proprietary Mikrotik (protocol yang hanya didukung pada perangkat Mikrotik), dimana dapat membuat koneksi layer2 yang aman (secure) ke perangkat MikroTik baik melalui koneksi “Physical” (ethernet) maupun Layer2 Tunnel.
Tutorial Cara Menggunakan Winbox Mikrotik dalam bentuk Video bisa Anda lihat disini :

[VIDEO] Tutorial Cara Menggunakan Winbox Mikrotik

Jadi begitulah beberapa penjelasan Fungsi Winbox Mikrotik dan Link Download Winbox Mikrotik Terbaru 2019. Untuk Tutorial cara setting Mikrotik nya bisa Anda cari dan baca-baca sendiri di blog Tutorial Mikrotik Indonesia ini. Good luck dan semoga bermanfaat 🙂

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close