Cara Menggunakan GNS3 Mikrotik Konek Winbox dan Internet

Cara Menggunakan GNS3 Mikrotik
Cara Menggunakan GNS3 Mikrotik

Membuat lab sederhana dengan memasukkan Mikrotik ke GNS3 dan remote menggunakan Winbox serta koneksi ke Internet akan kita bahan pada Tutorial GNS3 Mikrotik kali ini.

Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya, kita bisa menggunakan Mikrotik untuk membuat lab sederhana pada GNS3. Tidak hanya Mikrotik, ada beberapa perangkat jaringan dan server yang bisa digunakan juga pada GNS3.

Bagi yang ingin tahu lebih jauh tentang GNS3 silakan baca artikel sebelumnya : Apa itu GNS3? GNS3 Adalah Aplikasi Simulasi Jaringan Gratis! Simak Penjelasan Lengkapnya

Kali ini kita akan fokus untuk membahas cara import image Mikrotik CHR ke dalam GNS3 untuk bisa menjalankannya dan remote menggunakan Winbox kemudian koneksikan ke Internet.

Dengan cara ini kita bisa belajar Mikrotik tanpa RouterBoard menggunakan GNS3. Sebelumnya juga sudah dibahas tentang Cara belajar Mikrotik tanpa RouterBoard menggunakan VirtualBox.

Namun ada beberapa keterbatasan jika kita menggunakan VirtualBox dan juga cukup sulit mengkoneksikan ke VM lainnya. Sehingga solusi terbaik nya adalah kita gunakan GNS3 Mikrotik ini.

Cara Install GNS3 di Windows & Linux

Sebelum kita mulai Tutorial GNS3 Mikrotik nya, pastikan dulu teman-teman sudah Install GNS3 di PC/Laptopnya ya. GNS3 ini bisa diinstall pada Sistem Operasi Windows, Linux dan MacOS.

Untuk panduan lengkap Cara Install GNS3 dan cara install GNS3 VM nya bisa dilihat pada Tutorial GNS3 sebelumnya berikut ini : Cara Install GNS3 di Windows dan Linux

Cara Memasukkan Mikrotik ke GNS3

Jika teman-teman sudah berhasil melakukan install GNS3 dan menghubungkan ke GNS3 VM di VirtualBox, kita lanjutkan untuk proses import Mikrotik ke GNS3.

Disini kita menggunakan image Mikrotik Cloud Hosted Router (CHR) yang bisa diunduh secara gratis di website nya Mikrotik.com. Image Mikrotik CHR ini akan diemulasikan menggunakan aplikasi Qemu bawaan dari GNS3 nya.

Cara Download Mikrotik CHR

Untuk melakukan download Mikrotik CHR silakan masuk ke website Mikrotik.com –> Masuk ke menu Software atau langsung ke url berikut www.mikrotik.com/download.

Pada halaman download Mikrotik tersebut scroll ke bawah sampai menemukan link download Mikrotik Cloud Hosted Router. Pilih image yang Raw Disk Image dan klik icon Disket pada bagian Stable untuk melakukan download.

Cek gambar berikut untuk lebih jelasnya.

Cara Download Mikrotik CHR
Cara Download Mikrotik CHR

Jika file image Mikrotik CHR sudah selesai diunduh, silakan buka file nya dan extract isinya. Jika sudah, kita lanjut proses import file image mikrotik CHR tersebut ke dalam GNS3 nya.

Cara Import Mikrotik CHR ke GNS3

  • Buka aplikasi GNS3 dan tunggu sampai GNS3 VM nya berjalan dan konek ke GNS3 nya
  • Masuk ke menu Edit –> Preferences
  • Masuk ke bagian QEMU –> Qemu VMs –> Klik New –> pilih Run this Qemu VM on the GNS3 VM –> Next
  • Masukkan nama VM nya, misal diisi nama Mikrotik –> Next
  • Kita bisa merubah nilai RAM yang akan diberikan ke Mikrotik nya, bisa dibiarkan sesuai aslinya saja –> Next –> telnet –> Next
  • Pilih New Image dan cari file Mikrotik CHR yang sudah di Extract sebelumnya –> Open –> Finish
  • Sampai disini kita sudah berhasil memasukkan Mikrotik ke dalam GNS3 nya
  • Jika teman-teman masih bingung dan kesulitan, silakan cek Video Tutorial GNS3 Mikrotik nya di bawah

Cara Edit Mikrotik CHR di GNS3

Setelah image Mikrotik CHR nya dimasukkan ke GNS3, Kita bisa lakukan edit untuk melakukan kustomisasi pada Mikrotik nya. Misalkan ingin menambahkan network interface nya dari 1 port menjadi 10 port.

Kita bisa juga mengganti icon atau logo Mikrotik nya, bisa mengganti nama juga, dan masih banyak lagi yang bisa kita lakukan untuk kustomisasi Mikrotik nya.

Caranya bisa dengan klik tombol Edit, maka akan muncul jendela konfigurasi Mikrotik nya. Ada beberapa tab yang berisi berbagai macam konfigurasi sesuai fungsinya.

Edit File image Mikrotik di GNS3
Edit File image Mikrotik di GNS3

Jika ingin menambah port ethernet nya masuk ke tab Network, pada bagian Adapters ganti angka 1 menjadi berapapun terserah, misalkan diganti jadi 10 maka Mikrotik nya akan memiliki 10 Port Ethernet.

Cara Menggunakan Mikrotik di GNS3

Jika langkah-langkah sebelumnya di atas sudah berhasil dilakukan, kita sudah bisa mulai menggunakan Mikrotik nya ke dalam topologi GNS3. Caranya sangat mudah, tinggal drag & drop icon Mikrotik pada bagian panel device kiri ke bagian kanan.

Kita bisa memasukkan lebih dari satu Mikrotik ke dalam topologi nya. Untuk menghubungkan antar perangkat kita bisa sambungkan dengan kabel yang ada di bagian panel kiri bawah.

Untuk menyalakan perangkat Mikrotik nya bisa satu per satu dengan klik kanan di icon Mikrotik nya kemudian klik Start. Atau bisa sekaligus menyalakan semua perangkat yang ada di topologi dengan klik tombol Start pada bagian atas menu GNS3.

Untuk lebih jelasnya silakan lihat Video Tutorial GNS3 Mikrotik berikut ini :

Rizky Agung
Halo saya Rizky, seorang Blogger yang juga pegiat Jaringan Komputer terutama tentang Perangkat Mikrotik. Saya juga bekerja di Bagian IT yang mengelola Sistem Jaringan Komputer di sebuah perusahaan di Bali yang juga menggunakan banyak Perangkat Mikrotik.