Cara Menggunakan Tool Fetch Mikrotik

Cara Menggunakan Tool Fetch Mikrotik
Cara Menggunakan Tool Fetch Mikrotik

Mikrotik memiliki banyak fitur yang bisa kita manfaatkan dalam mengelola jaringan, salah satu nya yaitu Tool Fetch.

Fitur Tool Fetch Mikrotik ini berfungsi untuk melakukan penyalinan data (copy file) melalui beberapa protocol, yaitu ftp, http, https dan yang terbaru protocol sftp.

Tool Fetch Mikrotik dapat menyalin data dari perangkat lain atau unduh (download) maupun menyalin data ke perangkat lain atau unggah (upload) melalui protocol yang diinginkan.

Untuk dapat menggunakan tool fetch mikrotik ini, kita bisa menggunakan winbox dan mengetikkan perintah fetch pada terminal.

Hingga versi RouterOS 6.47 ini, tool fetch belum ada menu GUI pada Winbox, sehingga kita harus mengetikkan perintah fetch secara manual di Terminal.

Namun hal tersebut bukanlah masalah, karena penggunaan perintah nya pun cukup mudah dan tidak terlalu rumit.

Kita akan bahas Cara Menggunakan Tool Fetch Mikrotik menggunakan Winbox lengkap dengan contoh perintah nya satu per satu.

Tutorial Cara Menggunakan Tool Fetch Mikrotik

Mengingat tool fetch ini belum ada menu GUI nya, sehingga kita bisa mengeksekusinya tidak hanya melalui Winbox, tapi bisa juga melaui media akses lain seperti via telnet, SSH, Webbox dan console.

Namun untuk lebih mudahnya kita pakai Winbox saja untuk mengeksekusi perintah tool fetch ini melaui Terminal. Jika Anda belum punya winbox, silakan download Winbox dulu.

Disini Kita akan bahas beberapa penggunaan tool fetch Mikrotik ini menggunakan beberapa parameter dan protocol yang didukung.

  1. Penggunaan Tool Fetch Mikrotik untuk Download file dari FTP folder Public

Pada contoh penggunaan yang pertama ini, Kita menggunakan FTP pada folder public.

Sehingga Kita tidak perlu memasukkan username dan Password FTP nya pada command tool fetch Mikrotik.

Berikut ini adalah format perintah tool fetch Mikrotik untuk FTP tanpa password :

tool fetch address=ip.address.ftp src-path=folder.file.ftp mode=ftp dst-path=folder.tujuan.router port=21 keep-result=yes

Contoh penggunaan download file pada FTP folder Public

tool fetch address=192.168.1.21 src-path=Public/Mikrotik/TutorialMikrotik.com.src mode=ftp dst-path=TutorialMikrotik.com.src port=21 keep-result=yes

Silakan ganti perintah yang ditandai warna merah dengan data FTP Anda.

Keterangan dari perintah di atas yaitu, Mikrotik akan melakukan download file Public/Mikrotik/TutorialMikrotik.com.src dari FTP 192.168.1.21 dan menyimpan file nya pada root folder Mikrotik.

Setelah perintah di eksekusi, maka akan ada keterangan pada terminal Mikrotik.

Jika parameter status : finished berarti file dari FTp sudah berhasil di download ke Mikrotik.

Kita bisa cek file hasil download nya di menu Files.

  1. Penggunaan Tool Fetch Mikrotik untuk Upload file ke FTP folder Public

Setelah bisa download file dari FTP dengan perintah fetch di atas, sebaliknya kita juga bisa melakukan upload file dari Mikrotik ke FTP.

Untuk mengunggah file dari Mikrotik ke FTP, format perintah nya adalah sebagai berikut :

tool fetch address=ip.address.ftp src-path=folder.file.router dst-path=folder.tujuan.ftp mode=ftp port=21 upload=yes

Contoh penggunaan upload file pada FTP folder Public

tool fetch address=192.168.1.21 src-path=TutorialMikrotik.com.backup mode=ftp port=21 dst-path=Public/Mikrotik/TutorialMikrotik.com.backup upload=yes

Silakan ganti perintah yang ditandai warna merah dengan data Anda.

Keterangan dari perintah di atas : Mikrotik akan melakukan upload file TutorialMikrotik.com.backup ke FTP 192.168.1.21 dan file nya disimpan pada direktori Public/Mikrotik/TutorialMikrotik.com.backup.

Setelah proses upload selesai yang ditandai dengan parameter status : finished, coba cek apakah file yang diupload sudah berhasil masuk ke folder FTP nya.

  1. Penggunaan Tool Fetch Mikrotik untuk Download File dari FTP yang di Password

Kali ini kita praktekkan cara menggunakan tool fetch Mikrotik untuk download file dari FTP yang perlu login menggunakan Username & Password.

Caranya mirip seperti contoh nomor 1 sebelumnya, namun ada tambahan parameter user dan password nya. Berikut ini parameter perintah yang digunakan :

tool fetch address=ip.address.ftp src-path=folder.file.ftp mode=ftp dst-path=folder.tujuan.router port=21 user=username.ftp password=password.ftp

Contoh perintah tool fetch untuk download file dari FTP yang perlu login :

tool fetch address=192.168.1.21 src-path=TutorialMikrotik/winbox.exe mode=ftp dst-path=winbox.exe port=21 user=tutorialmikrotik password=tutorialmikrotik.com

  1. Penggunaan Tool Fetch Mikrotik untuk Download File dari Website

Selain dapat digunakan untuk mengambil data dari FTP, tool fetch Mikrotik ini juga bisa digunakan untuk download data dari website.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tool fetch Mikrotik ini dapat juga digunakan pada protocol HTTP dan HTTPS yang biasa dipakai untuk website.

Kita bisa menggunakan alamat IP Address maupun nama Domain dari website target.

Ada beberapa parameter perintah yang bisa kita gunakan untuk melakukan download file dari website menggunakan tool fetch Mikrotik ini.

Contoh parameter perintah tool fetch Mikrotik :

tool fetch address=ixp.mikrotik.co.id src-path=/download/nice.rsc mode=http

tool fetch address=tutorialmikrotik.com host=tutorialmikrotik.com src-path=winbox.exe dst-path= winbox.exe mode=http

tool fetch url="http://tutorialmikrotik.com/winbox.exe" mode=http

tool fetch url="https://tutorialmikrotik.com/winbox.exe" mode=https

Agung
Halo saya Rizky, seorang Blogger yang juga pegiat Jaringan Komputer terutama tentang Perangkat Mikrotik. Saya juga bekerja di Bagian IT yang mengelola Sistem Jaringan Komputer di sebuah perusahaan di Bali yang juga menggunakan banyak Perangkat Mikrotik.