Cara Setting Mikrotik dengan Winbox Paling Gampang

Cara Setting Mikrotik dengan Winbox
Cara Setting Mikrotik dengan Winbox

Melakukan Konfigurasi atau Cara Setting Mikrotik dengan Winbox memang cukup mudah dan populer dilakukan daripada Cara Seting Mikrotik dengan metode lain.

Hal ini karena Setting Mikrotik menggunakan Winbox jauh lebih mudah dan cepat, bahkan bagi pemula sekalipun.

Selain itu, tutorial cara setting Mikrotik dengan Winbox juga sudah banyak di-share di internet, tinggal googling saja mau cari settingan Mikrotik seperti apa.

Namun bagi Anda yang masih bingung dan belum bergitu paham cara setting mikrotik dengan Winbox, jangan khawatir.

Pada kesempatan kali ini kami akan bagikan cara setting Mikrotik dengan Winbox paling mudah dan lengkap dari awal hingga bisa konek ke Internet.

Hal ini sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang mulai belajar Mikrotik dari awal, namun masih bingung mencari sumber referensi nya.

Cara Setting Mikrotik dengan Winbox dari Awal

Ketika kita baru membeli perangkat Mikrotik, biasanya sudah ada setingan default atau setingan dari pabrikan nya yang pada kondisi tertentu sudah bisa langsung digunakan tanpa harus ada setting tambahan.

Namun, setingan default itu tidak bisa mengakomodir semua kebutuhan Kita, jadi mau tidak mau kita harus melakukan setting tambahan pada Mikrotik nya supaya bisa menjalankan fungsi seperti yang kita inginkan.

Nah, kita akan bahas bagaimana cara setting Mikrotik mulai dari awal hingga bisa konek ke Internet, dimulai dari hal yang paling dasar yaitu menyalakan Mikrotik nya.

Cara Menyalakan Mikrotik dan Penjelasan Bunyi Beep Mikrotik

Cara untuk menyalakan Mikrotik hampir sama dengan cara menyelakan perangkat jaringan lainnya, yaitu dengan menyolokan kabel power adaptor ke colokannya di Mikrotik.

Pada sebagian besar tipe Mikrotik setelah dinyalakan akan muncul bungi beep. Saat baru dinyalakan akan ada bunyi beep sekali, kemudian akan muncul lagi beep kedua sebanyak dua kali ketika Mikrotik sudah berhasil booting.

Namun jika Mikrotik nya tidak mengeluarkan suara atau bunyi beep, jangan khawatir, karena pada tipe Mikrotik tertentu memang tidak dilengkapi dengan speaker internal jadi tidak bisa mengeluarkan bunyi beep tersebut.

Pada kasus tertentu jika memang seharusnya muncul bunyi beep tetapi tidak muncul bunti beep nya ada kemungkinan Mikrotik nya rusak. Namun ini perlu dipastikan dulu apakah Mikrotik nya memang rusak atau karena tidak ada speaker internal nya.

Jika Mikrotik sudah selesai Booting, barulah kita bisa melakukan remote ke Mikrotik menggunakan Winbox untuk melakukan konfigurasi atau setting Mikrotik nya.

Cara Remote Mikrotik Menggunakan Winbox

Untuk melakukan remote Mikrotik menggunakan Winbox cukup mudah. Langkah-langkah cara seting mikrotik menggunakan winbox adalah sebagai berikut :

  1. Pastikan Mikrotik sudah dinyalakan dan sudah booting dengan sempurna (bisa perhatikan bunyi beep seperti yg sudah dibahas di atas)
  2. Buka Aplikasi Winbox Mikrotik. Jika belum punya aplikasinya silakan Download Winbox Mikrotik disini
  3. Hubungkan Perangkat Mikrotik dengan PC/Laptop yang akan digunakan untuk melakukan seting Mikrotik.
  4. Pada aplikasi Winbox, masuk ke Tab Neighbors –> klik Refresh
  5. Akan muncul detail MAC dan IP Address Mikrotik pada kolom dibawahnya. Jika tidak muncul silakan periksa lagi langkah sebelumnya, pastikan sudah benar.
  6. Klik MAC Address nya, masukkan detail login Mikrotik nya. Untuk Mikrotik yang baru beli atau baru di reset. defaul username  Mikrotik : admin | password : (kosong/tanpa password)
  7. Kemudian klik Connect.

Cara Seting Mikrotik Dasar dengan Winbox

Setelah bisa login ke Mikrotik menggunakan Winbox, tinggal terserah kita mau diseting seperti apa Mikrotik nya. Hal ini tentunya bervariasi tergantung dari kebutuhan Anda sekalian.

Namun yang biasanya yang paling umum dilakukan untuk seting dasar mikrotik adalah mencari cara mengkoneksikan Mikrotik nya ke Internet supaya bisa dijadikan Router dan melakukan beberapa pengaturan kepada user/client.

Nah, sekarang pertanyaannya adalah Bagaimana Cara Seting Mikrotik dengan Winbox supaya bisa konek Internet?

Untuk bisa mengkoneksikan Mikrotik ke Internet memang beda-beda caranya, tergantung dari Internet Service Provider (ISP) yang digunakan dan jenis koneksi yang disediakan oleh ISP tersebut.

Kita kasih contoh yang paling umum adalah menggunakan ISP Telkom Indihome. Cara mengkonesikan Mikrotik ke Indihome ini cukup mudah dilakukan.

Pada umumnya Indihome menyediakan Modem yang sudah diseting untuk keperluan Wifi dan LAN. Dimana untuk konek nya cukup mudah tinggal colok kabel LAN modem ke PC/Laptop, sudah bisa langsung konek ke Internet.

Nah, untuk bisa menerapkan hal tersebut ke Mikrotik, maka perlu dilakukan seting terlebih dahulu, terutama jika perangkat Mikrotik nya tidak dalam kondisi default.

Namun jika kondisi Mikrotik masih default atau habis di reset dengan setingan awal, maka tinggal konekkan saja kabel LAN nya ke port eth1, maka Mikrotik akan konek ke Internet secara otomatis.

Agung
Halo saya Rizky, seorang Blogger yang juga pegiat Jaringan Komputer terutama tentang Perangkat Mikrotik. Saya juga bekerja di Bagian IT yang mengelola Sistem Jaringan Komputer di sebuah perusahaan di Bali yang juga menggunakan banyak Perangkat Mikrotik.