3 Cara Buka Situs yang Diblokir Mikrotik

Cara Buka Situs yang Diblokir Mikrotik
Cara Buka Situs yang Diblokir Mikrotik

Cara memblokir situs di mikrotik dapat dilakukan dengan menggunakan Firewall filter dan layer 7 protocol, yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya pada artikel  Cara Blokir Youtube di Mikrotik.

Nah sekarang bagaimana cara buka situs yang diblokir Mikrotik? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang jawaban dari pertanyaan tersebut.

Ada banyak alasan kenapa akases ke suatu situs tertentu diblokir atau dilarang untuk diakses. Pemblokiran akses situs ini kerap kali dilakukan para pengelola jaringan dengan dalih bermacam-macam.

Sebagian besar pemblokiran dilakukan untuk melindungi user nya dari berbagai macam efek negatif dari internet. Ada juga situs yang diblokir untuk melindungi user lain dari koneksi yang lemot akibat penggunaan bandwidth yang berlebihan oleh user lainnya.

Apapun alasannya, pasti yang namanya pemblokiran itu tidak disukai oleh netizen. Hal ini tentu memunculkan banyak kreatifitas untuk mencoba membobol atau membuka blokir tersebut.

Misalnya youtube diblokir, tentunya akan ada yang mencari cara untuk membuka youtube yang diblokir Mikrotik. Mungkin salah satu dari kalian yang hadir disini juga salah satunya kan… Hayo ngaku??

Terdapat beberapa macam teknik atau cara untuk buka situs yang diblokir Mikrotik. Pada kesempatan kali ini akan kita bahas 3 saja yang paling sering dan mudah digunakan, yaitu :

  • VPN (Virtual Private Network)
  • Proxy
  • Private DNS

Dari ketiga cara buka blokir situs tersebut mungkin ada yang belum familiar bagi kalian. Nah, untuk itu akan kita jelaskan satu persatu beserta dengan cara untuk menggunakannya. Mari kita bahas bersama.

Buka Situs yang Diblokir Mikrotik Menggunakan VPN

VPN (Virtual Private Network) adalah sebuah metode untuk membuat koneksi aman yang ter-enkripsi pada jaringan publik yang dpaat digunakan untuk berbagai macam keperluan. Seperti untuk melakukan remote accress ke jaringan lokal, atau sekedar untuk mengakses situs yang di blokir.

Pada prinsipnya penggunaan VPN ini cara kerja nya secara umum dengan melakukan dial ke VPN Server menggunakan jaringan internet apa saja.

Setelah terkoneksi ke Server VPN, firewall tidak bisa membaca kita akses kemana saja. Sehingga semua situs yang diblokir bisa kita akses tanpa terdeteksi oleh firewall.

Ada berbagai macam VPN yang bisa kita gunakan, seperti :

  1. VPN biasa yang menggunakan metode dial up

VPN jenis ini biasnaya menggunakan protokol PPTP, SSTP, L2TP, IKEv2, dsb yang bisa diseting pada Sistem operasi tanpa adanya aplikasi tambahan. Cukup memasukkan Alamat VPN Server, Username dan Password.

VPN ini biasanya digunakan oleh perusahaan untuk melakukan remote access ke jaringan lokal perusahaan mereka. Namun ada juga yang digunakan oleh penyedia layanan VPN untuk mengakses situs yang di blokir.

Untuk mendapatkan akun VPN ini bisa berlangganan ke provider VPN atau membuat sendiri server VPN nya menggunakan Mikrotik. Caranya silakan lihat video ini : Cara Install Mikrotik Cloud Hosted Router (CHR) pada VPS sebagai VPN Server

  1. VPN yang menggunakan aplikasi tambahan

VPN ini biasanya disediakan oleh provider VPN yang pada umumnya berbayar. Sehingga kita harus berlangganan VPN dulu dari salah satu provider VPN kemudian download aplikasi yang disediakan baru kemudian bisa digunakan.

  1. VPN yang menggunakan Web Browser

VPN jenis ini biasanya menggunakan ekstensi tambahan pada web browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dll.

Dengan menggunakan ekstensi web browser tersebut kita bisa mengakses VPN dengan mudah. Ada beberapa penyedia ekstensi VPN ini yang menyediakan layanan VPN gratis, namun ada juga yang berbayar.

Untuk mendapatkan VPN ini silakan masuk ke menu ekstension pada browser kesayangan kalian, kemudian cari extension VPN. Nanti akan muncul banyak extension VPN nya, pilih saja yang review nya paling bagus, kemudian pasang extension nya.

Buka Situs yang Diblokir Mikrotik Menggunakan Proxy

Mungkin sudah banyak dari kalian yang tau tentang Proxy ini. Ya, Proxy memang sudah umum digunakan untuk membypass blokir situs dan cukup mudah dalam penggunaannya.

Selain itu, kita juga bisa dengan mudah mencari Proxy server yang gratis dengan mengunjungi berbagai situs penyedia list proxy gratis seperti www.freeproxylists.net atau situ lainnya, tinggal cari saja di google dengan keyword “free proxy list”.

Namun perlu diperhatikan dalam pencarian proxy kita harus jeli dalam memfilter proxy yang akan digunakan. Karena jika asal ambil saja maka bisa jadi koneksi internet malah jadi lemot bahkan bisa saja tidak mau konek untuk browsing.

Hal ini terjadi karena proxy server gratisan ini banyak yang memakai, sehingga rawan lemot bahkan down atau mati server nya. Selain itu koneksi masing-masing proxy server juga berbeda-beda, ada yang kenceng, ada juga yang lemot.

Pada beberapa penyedia proxy list gratis biasanya sudah diberi detail performa masing-masing proxy server. Pastikan pilih yang performa nya bagus, dan yang perlu diperhatikan juga adalah pilih yang dari negara Indonesia atau negara yang tidak terlalu jauh dari Indonesia. Hal ini cukup berpengaruh pada kecepatan koneksinya nanti.

Untuk menggunakan proxy server nya kita bisa memasang proxy nya di Web Browser atau di sistem operasinya. Lebih mudah kita pasang di web browser saja, karena jika proxy nya lemot atau mati, koneksi internet PC/Laptop nya tidak ikut mati. Hanya web browser nya saja yang tidak bisa konek.

Silakan masuk ke setingan Network pada Web Browser kesayangan Anda, kemudian pilih Manual Proxy, Masukkan IP Address Proxy dan port nya. Baru kemudian dicoba untuk akses kemana saja, jika koneksi lemot bisa coba ganti proxy yang lain.

Buka Situs yang Diblokir Mikrotik Menggunakan Private DNS

Private DNS adalah DNS (Domain Name System) yang bersifat pribadi (private) sehingga saat mengakses internet provider tidak bisa mengintip kita mengakses apa karena sudah terenkripsi.

Pada intinya, saat kita mengaktifkan Private DNS ini otomatis situs yang diblokir oleh Mikrotik bahkan oleh ISP sekalipun bisa dibuka tanpa perlu menggunakan VPN atau Proxy.

Kita bisa merubah sendiri alamat DNS pada Web Browser ataupun pada perangkat Android yang sudah memiliki minimal OS Android 9.

Untuk menggunakan Private DNS pada web browser, kita bisa menggunakan Mozilla Firefox. Caranya dengan masuk ke setingan Network seperti pada setingan Proxy di atas. kemudian scroll ke bawah akan ada opsi Enable DNS over HTTPS, centang opsi tersebut. Pilih Provider DNS nya menggunakan Cloudflare.

Sekarang coba buka semua situs yang di blokir, seharusnya sudah bisa diakses semua. Penggunaan private DNS ini lebih mudah dan cepat daripada menggunakan VPN atau proxy. Kecepatan Internet juga tidak terganggu, sehinga tetap bisa lancar browsing.

Itulah 3 Cara Buka Situs yang Diblokir Mikrotik yang bisa kalian coba terapkan untuk membuka blokir situs-situs tertentu. Kita rekomendasikan untuk menggunakan Private DNS karena lebih simpel, cepat dan tidak perlu install aplikasi tambahan lagi.

Silakan dicoba dan semoga Tutorial Mikrotik Indonesia ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silakan isi kolom komentar di bawah ya.

 

Agung
Halo saya Rizky, seorang Blogger yang juga pegiat Jaringan Komputer terutama tentang Perangkat Mikrotik. Saya juga bekerja di Bagian IT yang mengelola Sistem Jaringan Komputer di sebuah perusahaan di Bali yang juga menggunakan banyak Perangkat Mikrotik.