Begini Cara Blokir Youtube di Mikrotik Paling Gampang

Cara Blokir Youtube di Mikrotik
Cara Blokir Youtube di Mikrotik

Bagaimana cara blokir Youtube di Mikrotik? Pertanyaan ini kerap muncul ketika banyak user/client kita yang mengakses Youtube dan menyedot banyak bandwidth yang menyebabkan koneksi Internet lemot.

Hal ini sebenarnya tidak hanya terjadi pada youtube saja, namun hampir semua situs yang menyediakan layanan video streaming pasti akan memakan banyak bandwidth.

Akibatnya tentu akan cukup fatal ketika koneksi internet kita memiliki bandwidth yang pas-pas an. Belum lagi jika ada batasan kuota FUP (Fair Usage Policy) yang jika terlewat menyebabkan kecepatan internet turun drastis.

Pada dasarnya kita bisa memblokir situs apa saja di Mikrotik. Yang perlu kita lakukan hanya melakukan setting blokir youtube di Mikrotik atau situs apapun yang kita inginkan.

Cara blok youtube di Mikrotik dapat kita terapkan dengan fitur firewall di Mikrotik. Yakni dengan menggabungkan fitur Mikrotik Firewall Filter dan Layer 7 Protocols.

Cara kerja kombinasi setingan blok youtube di mikrotik yaitu dengan membuat rule layer 7 dengan kata kunci youtube. Kemudian digabungkan dengan rule filter untuk melakukan drop koneksi layer 7 tersebut.

Langkah-langkah Cara Blokir Youtube di Mikrotik

Untuk melakukan setting cara blok youtube di Mikrotik, silakan ikuti langkah-langkah nya berikut ini :

  1. Buka aplikasi Winbox Mikrotik, jika belum punya silakan download Winbox Mikrotik
  2. Masuk ke menu IP –> Firewall –> Layer 7 Protocols –> Tambahkan rule baru –> Isikan dengan data sebagai berikut :
    • Name : youtube
    • Ragexp : ^.+(youtube).*$
  3. Jika sudah, klik OK
  4. Masuk ke Tab Filter Rules –> tambahkan rule filter baru sebagai berikut :
  • Tab General
    • Chain : forward
  • Tab Advanced
    • Layer7 Protocol : youtube
  • Tab Action
    • Action : drop
  1. Jika sudah, klik OK
  2. Sekarang coba tes buka youtube
  3. Jika masih tetap bisa buka youtube, simak penjelasan dibawah

Kelemahan Blok Youtube Mikrotik Layer 7 Protocol

Apakah cara block youtube mikrotik layer 7 ini ampuh dalam melakukan blokir?

Seharusnya ampuh dan efektif untuk membendung koneksi ke youtube, namun ada beberapa kekurangan yang dapat menyebabkan blokir youtube di mikrotik ini tidak berjalan.

  1. Blokir tidak berlaku pada Web Browser yang sebelumnya sudah buka Youtube

Jika sebelum rule blokir youtube di mikrotik ini dijalankan Anda sudah membuka Youtube di web browser nya, maka ketika rule blokir youtube nya diaktifkan youtube tetap bisa diakses.

Namun sebaliknya, misal kita baru buka web browser yang belum dipakai akses youtube sebelumnya, maka ketika rule blokir diaktifkan youtube akan terblokir.

Untuk pengetesan rule blokir youtube nya jalan apa tidak, pastikan menggunakan web browser lain yang jarang dipakai terutama untuk buka youtube, misal Internet Explorer atau Microsoft Edge.

  1. Blokir Youtube dapat dibuka (bypass) dengan menggunakan teknik tertentu

Pemblokiran atau censor pada Internet bukanlah hal yang diinginkan para netizen. Karena pada prinsipnya internet itu adalah ruang bebas yang bisa diakses siapa saja dan kemana saja tanpa halangan.

Oleh karena itu, ketika diberlakukannya pemblokiran akses, maka akan selalu ada cara untuk mengakalinya. Ada beberapa teknik atau cara membuka blokir youtube di Mikrotik seperti pada tutorial Mikrotik di atas.

Cara membuka blokir internet nya yaitu bisa menggunakan teknik sebagai berikut :

    • VPN (Virtual Private Network)
    • Proxy
    • Private DNS
    • dsb

Untuk cara membuka blokir youtube di Mikrotik nya tidak akan saya bahas disini ya, namun akan kita coba jabarkan pada artikel selanjutnya.

Jika tutorial Cara Blokir Youtube di Mikrotik di atas masih bisa dibobol, apakah ada cara yang 100% bisa memblokir akses ke youtube? Tentu saja ada, namun untuk bisa diterapkan di Mikrotik sepertinya belum bisa.

Hal ini karena Mikrotik bukanlah perangkat firewall murni yang memang memiliki fungsi firewall mendalam. Jadi kita membutuhkan perangkat firewall murni yang memang di desain untuk itu, misalnya perangkat firewall merk Fortinet, Sophos, Palo Alto, atau yang lainnya.

Jadi itu saja tutorial dan penjelasan tentang Cara Blokir Youtube di Mikrotik yang bisa Anda coba terapkan di perangkat Mikrotik masing-masing.

Semoga Tutorial Mikrotik Indonesia ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silakan isi kolom komentar di bawah ya. Thanks.

Agung
Halo saya Rizky, seorang Blogger yang juga pegiat Jaringan Komputer terutama tentang Perangkat Mikrotik. Saya juga bekerja di Bagian IT yang mengelola Sistem Jaringan Komputer di sebuah perusahaan di Bali yang juga menggunakan banyak Perangkat Mikrotik.