Catat! Begini Cara Mengetahui Password Default Mikrotik

Cara Mengetahui Password Default Mikrotik
Cara Mengetahui Password Default Mikrotik

Password Default Mikrotik adalah pasword awal yang diberikan pabrikan pada perangkat Mikrotik baru atau perangkat Mikrotik yang di reset.

Jika Anda membeli perangkat Mikrotik baru, biasanya disertakan juga kertas petunjuk cara login ke Mikrotik, termasuk default password mikrotik nya.

Namun jika kertas itu hilang atau Anda tidak mendapatkan nya, tentu membuat Anda bingung bagaimana cara login ke Mikrotik nya.

Hal yang sama juga terjadi ketika kita melakukan reset pada perangkat Mikrotik kita, maka username dan password akan kembali ke awal (default) pabrikan nya.

Password Default Mikrotik ini sangat penting untuk diketahui bahkan harus diingat, supaya kedepannya jika Mikrotik di reset atau ketika beli Mikrotik baru tidak kebingungan mencari username dan password default Mikrotik.

Cara Mengetahui Password Default Mikrotik

Bagi Anda yang bertanya-tanya Apa Username dan Password Defaut Mikrotik? Berikut ini kami berikan jawabannya beserta penjelasan tentang Default Setting Mikrotik nya.

  • IP Address Default Mikrotik : 192.168.88.1/24 pada port ether1
  • Mikrotik Default Username : admin
  • Mikrotik Default Password : (kosong/tanpa password)

Cara Login Mikrotik dengan Password Default Mikrotik

Password Default Mikrotik di atas dapat digunakan untuk login ke Mikrotik baik menggunakan Winbox, Webbox, Telnet, SSH, maupun Console.

Caranya tinggal akses ke IP default mikrotik 192.168.88.1 dan masukkan username : admin, password : kosong/tanpa password.

Namun perlu diingat untuk login menggunakan IP default Mikrotik ini pastikan IP address PC/Laptop Anda sudah satu network dengan IP tersebut.

Jika belum, maka IP default mikrotik itu tidak bisa diakses. Untuk bisa mengakses nya silakan ganti IP Address PC/Laptop Anda terlrbih dahulu, misal menggunakan :

  • IP Address : 192.168.88.2
  • Subnetmask : 255.255.255.0
  • Gateway : 192.168.88.1 (bisa juga dikosongi)

Cara Mengganti Password Default Mikrotik

Setelah bisa login ke Mikrotik, misal login ke mikrotik menggunakan Winbox, hal utama yang harus dilakukan adalah mengganti user dan password default Mikrotik nya.

Hal ini sangat penting untuk menjaga keamanan dari perangkat Mikrotik kita supaya tidak mudah dibobol orang. Namun kadang kita malas mengganti password default mikrotik ini yang berakibat pada mudahnya Mikrotik untuk di hack.

Nah, untuk mengganti password default mikrotik ini, caranya adalah dengan masuk ke Winbox. Klik Menu System –> Users –> dobel klik user admin –> klik Password –> Masukkan Password baru pada kolom yang disediakan dua kali.

Untuk lebih amannya lagi, kita bisa membuat user dan password baru, kemudian menghapus user admin. Hal ini jauh lebih aman karena orang-orang tidak tahu username Mikrotik Anda, sehingga akan lebih susah untuk dibobol.

Demikianlah Tutorial Mikrotik tentang Cara Mengetahui Password Default Mikrotik dengan mudah. Jika ada hal yang belum jelas atau perlu ditanyakan silakan isi kolom komentar di bawah ini.

Terima Kasih atas kunjungannya dan semoga Tutorial Mikrotik Indonesia ini bermanfaat.

Agung
Halo saya Rizky, seorang Blogger yang juga pegiat Jaringan Komputer terutama tentang Perangkat Mikrotik. Saya juga bekerja di Bagian IT yang mengelola Sistem Jaringan Komputer di sebuah perusahaan di Bali yang juga menggunakan banyak Perangkat Mikrotik.