Wajib Tau! Begini Cara Reset Mikrotik yang Benar

Begini Cara Reset Mikrotik yang Benar
Begini Cara Reset Mikrotik yang Benar

Cara Reset Mikrotik yang Benar perlu dilakukan jika terjadi hal yang tidak diinginkan dengan perangkat Mikrotik kita. Misalnya ketika lupa password mikrotik, ketika Mikrotik ngehang dan tidak bisa di remote, atau ketika ingin melakukan setting Mikrotik dari awal

Melakukan reset pada perangkat Mikrotik bisa jadi jalan keluar dari kondisi tersebut. Mengingat dengan melakukan reset Mikrotik, maka perangkat Mikrotik dapat kembali ke kondisi awal (default).

Sehingga ketika kita lupa password mikrotik, kita bisa kembali login ke Mikrotik dengan password default Mikrotik setelah direset.

Sama halnya ketika perangkat Mikrotik kita tiba-tiba ngehang dan tidak merespon apapun yang kita lakukan, sudah coba direstart tetapi tetap tidak ada respon dan tidak bisa login juga.

Pada kondisi tersebut mereset mikrotik bisa jadi salah satu solusinya. Namun pada kondisi tertentu juga kondisi tersebut tidak bisa selesai hanya dengan reset. Lebih lanjut bisa coba diselesaikan dengan cara install ulang dengan menggunakan aplikasi Netinstall.

Oke, kali ini kita tidak akan membahas tentang Netinstall, namun cara mereset Mikrotik yang benar dengan cara soft reset maupun hard reset.

Cara Reset Mikrotik Melalui RouterOS

Sistem Operasi RouterOS Mikrotik sudah dilengkapi dengan fitur untuk melakukan reset konfigurasi baik melalui perintah terminal atau Command Line Interface (CLI) maupun menu Graphical User Interface (GUI) nya.

Cara Mereset Mikrotik melalui Command Line Interface (CLI)

  1. Login ke Mikrotik, bisa melalui Winbox, Webfig, Telnet, SSH, atau Console
  2. Jika login Mikrotik via Winbox atau Webfig, buka terminal
  3. Ketikkan perintah berikut : /system reset-configuration
  4. Ketikkan y dan enter

Cara Mereset Mikrotik melalui Graphical User Interface (GUI)

  1. Login ke Mikrotik, bisa melalui Winbox ataupun Webfig.
  2. Klik Menu System –> Reset Configuration
  3. Akan muncul tampilan opsi reset, bisa dicentang sesuai kebutuhan. Jika tidak yakin, hilangkan semua centang nya.
  4. Klik Reset Configuration

Itulah 2 cara reset mikrotik melalui RouterOS. Tampak mudah kan?

Namun pada kondisi tertentu biasanya kita tidak bisa masuk atau login ke Mikrotik nya, sehingga kecua cara diatas tidak bisa dilakukan.

Terus gimana dong? Au ah gelap… Eits Bercanda kok.. Tenang, masih ada cara lain untuk mereset Mikrotik. Yakni dengan melakukan hard reset, atau reset melalui tombol hardware yang ada pada RouterBoard Mikrotik nya.

Pada semua perangkat buatan Mikrotik sudah dibekali dengan tombol reset, baik tombol reset yang terlihat dari luar, maupun pin jumper reset yang ada di dalam board nya yang hanya bisa dijangkau dengan membuka casing Mikrotik nya.

Cara Reset Mikrotik Menggunakan Tombol Hardware

Cari lokasi tombol reset pada RouterBoard Mikrotik, karena masing-masing routerboard lokasi tombol reset nya berbeda-beda. Namun biasanya ada lubang kecil di bagian depan routerboard dekat colokan power.

Cara Reset Mikrotik Menggunakan Tombol Hardware
Cara Reset Mikrotik Menggunakan Tombol Hardware

Di dalam lubang reset tersebut terdapat tombol kecil yang harus ditekan dengan cara ditusuk dengan benda yang memiliki ujung runcing atau tipis. Biasanya kita bisa menggunakan Pensil, Pulpen, Obeng kecil atau benda runcing lainnya.

Anda bisa coba menusuk lubang reset nya, untuk meraba lokasi tombol reset di dalam nya. Jika sudah ketemu biasanya ketika ditekan akan menimbulkan sensasi seperti ada tombol yang ditekan dan kadang berbunyi “tek”.

Jangan terlalu keras dalam menekan tombolnya, tekan secukupnya saja tapi juga pastikan sudah tertekan dengan benar tombol nya. Jika terlalu keras dalam menekan tombol resetnya bisa jadi terlepas dari tempatnya dan akan menimbulkan masalah baru.

Cara Mereset Mikrotik Mengguakan Tombol Reset

  1. Pastikan perangkat Mikrotik dalam kondisi mati.
  2. Tekan dan tahan tombol reset
  3. Nyalakan perangkat Mikrotik nya sambil tetap menahan tombol reset dan tunggu beberapa saat hingga lampu indikator berkedip-kedip.
  4. Lepas tombol reset dan restart Mikrotik nya.
  5. Jika setelah di restart Mikrotik belum juga ter-reset, coba lagi langkah di atas.
  6. Jika setelah beberapa kali percobaan masih belum bisa ter-reset juga, maka bisa mencoba cara selanjutnya.

Cara Mereset Mikrotik Menggunakan Jumper Reset

Hampir semua Perangkat Mikrotik Routerboard dilengkapi dengan lubang jumper reset. Namun pada beberapa tipe perangkat, lubang jumper reset nya ada di dalam casing, sehingga harus melepas casing Mikrotik nya terlebih dahulu.

Kita bisa melepas casing Mikrotik RouterBoard nya dengan menggunakan Obeng. Selanjutnya cari lokasi dari jumper reset nya. Bentuk dari jumper resetnya seperti pada gambar berikut ini :

Cara Mereset Mikrotik Menggunakan Jumper Reset
Cara Mereset Mikrotik Menggunakan Jumper Reset

Untuk melakukan reset mikrotik menggunakan jumper reset, caranya adalah sebagai berikut :

  1. Pastikan RouterBoard Mikrotik dalam kondisi mati
  2. Hubungkan jumper reset dengan menggunakan obeng atau benda lain, seperti pada gambar berikut :
    Cara Reset Mikrotik Menggunakan Jumper Reset
    Cara Reset Mikrotik Menggunakan Jumper Reset
  3. Sambil tetap menghubungkan jumper reset, nyalakan Mikrotik nya.
  4. Tunggu beberapa saat, kemudian lepas jumper nya dan restart Mikrotik.

Demikianlah beberapa Cara Reset Mikrotik yang Benar beserta pembahasannya. Jika Anda masih kesulitan atau belum bisa melakukan reset Mikrotik nya, silakan tinggalkan komentar dibawah.

Agung
Halo saya Rizky, seorang Blogger yang juga pegiat Jaringan Komputer terutama tentang Perangkat Mikrotik. Saya juga bekerja di Bagian IT yang mengelola Sistem Jaringan Komputer di sebuah perusahaan di Bali yang juga menggunakan banyak Perangkat Mikrotik.