Cara Netinstall Mikrotik : Obat Mikrotik Sering Hang

Cara Netinstall Mikrotik
Cara Netinstall Mikrotik

Cara Netinstall Mikrotik sebagai obat untuk Mikrotik yang error dan sering hang akan kita bahas pada Tutorial Mikrotik Indonesia kali ini. Bagi yang belum tau tentang Netinstall, kita akan bahas dulu penjelasan tentang apa itu Netinstall.

Apa itu Netinstall?

Netinstall adalah aplikasi buatan Mikrotik yang didesain untuk sistem operasi Windows yang dapat digunakan untuk melakukan instalasi RouterOS MikroTik ke PC atau ke RouterBoard melalui jaringan Ethernet.

Netinstall akan melakukan format ulang pada media penyimpanan (disk) perangkat Mikrotik dan menimpa file sistem pada disk tersebut dengan file baru.

Format ulang disk tersebut mengakibatkan semua konfigurasi (config) pada Mikrotik hilang, tetapi tidak menghilangkan data lisensi key RouterOS nya.

Hal tersebut dapat mengatasi berbagai masalah pada perangkat mikrotik yang disebabkan oleh software yang corrupt. Seperti suka ngehang, atau error tidak bisa diakses.

Netinstall juga dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan lupa password mikrotik, karena setelah dilakukan netinstall maka sistem operasi RouterOS akan kembali ke kondisi awal (default). Sehingga kita bisa login ke Mikrotik menggunakan Password Default Mikrotik.

Perangkat Mikrotik yang akan dilakukan Netinstall harus mendukung boot dari ethernet. Selain itu, harus ada koneksi ethernet langsung dari PC/Laptop yang digunakan untuk netinstall ke perangkat Mikrotik target.

Jadi intinya Netinstall itu dapat digunakan untuk melakukan install ulang sistem operasi RouterOS dan memperbaiki berbagai macam error pada sistem operasi RouterOS sebelumnya.

Karena yang perlu diperhatikan adalah perangkat RouterBoard Mikrotik itu mirip seperti PC/Laptop yang memiliki Hardware (RouterBoard) dan juga Software (RouterOS).

Seiring dengan berjalannya waktu maka bisa saja terjadi error pada sitem operasi RouterOS nya, sehingga menyebabkan perangkat Mikrotik tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Sama halnya dengan PC/Laptop kan kalau sudah lama dipakai kadang OS Windows nya error, kena virus, atau file nya corrupt sehingga bikin lemot atau error. Salah satu solusinya yaitu dengan install ulang OS nya.

Cara Netinstall Mikrotik

Untuk bisa melakukan Netinstall pada perangkat Mikrotik, kita memerlukan beberapa peralatan dan juga software yang digunakan untuk netinstall. Siapkan perlengkapan sebagai berikut :

  • Software Netinstall bisa download dari websitenya Mikrotik : mikrotik.com/download
  • File RouterOS Mikrotik yang akan digunakan untuk install ulang. Download di websitenya Mikrotik : mikrotik.com/download
  • Kabel UTP
  • Benda yang mempunyai ujung tipis atau runcing untuk menekan tombol reset, misalnya obeng, pensil, pulpen, dsb.

Setelah semua perlengkapan sudah siap, mari lanjut ke cara netinstall mikrotik nya.

  1. Pastikan download softwware Netinstall versi Stable dan download File Main Package RouterOS sesuai dengan tipe perangkat Mikrotik dengan versi Stable juga.
  2. Matikan semua koneksi pada PC/Laptop yang digunakan untuk Netinstall kecuali koneksi ke Mikrotik target netinstall
  3. Rubah setingan IP Address pada PC/Laptop dengan konfigurasi sebagai berikut :
    • IP Address : 192.168.0.1
    • Subnetmask : 255.255.255.0
  4. Buka Software Netinstall –> klik tombol Net Booting –> centang Boot Server enabled –> masukan IP Address : 192.168.0.2
  5. Matikan perangkat Mikrotik dan cabut kabel power nya.
  6. Tekan dan tahan tombol reset Mikrotik sambil menyalakan Mikrotik nya.
  7. Terus tahan tombol resetnya hingga pada tampilan Software Netinstall nya muncul tipe dan MAC Address dari RouterBoard nya.
  8. Lepaskan tombol reset –> klik MAC Address RouterBoard nya di aplikasi Netinstall –> Cari folder lokasi file RouterOS yang mau di install –> Centang file RouterOS nya –> Klik Install
  9. Silakan tunggu hingga proses instalasi selesai.
  10. Jika proses netinstall sudah selesai, perangkat Mikrotik akan melakukan reboot/restart secara otomatis
  11. Setelah selesai, buka winbox dan login ke Mikrotik untuk melakukan konfigurasi

Begitulah langkah-langkah cara netinstall mikrotik. Jika masih ada kendala saat melakukan netinstall, coba lagi ulangi langkah-langkah di atas.

Agung
Halo saya Rizky, seorang Blogger yang juga pegiat Jaringan Komputer terutama tentang Perangkat Mikrotik. Saya juga bekerja di Bagian IT yang mengelola Sistem Jaringan Komputer di sebuah perusahaan di Bali yang juga menggunakan banyak Perangkat Mikrotik.